• Bahayanya Insomnia

    Walaupun tampak sepele, gangguan sulit tidur ini rupanya dapat menurunkan kualitas hidup seseorang hingga menyebabkan kematian. Pada fase tertentu terapi obat-obatan mungkin cara yang diperlukan. Tidak sedikit orang yang mengeluh kesulitan terlelap alias insomnia. Betapapun sobat berusaha, mata tak kunjung terpejam atau hanya mampu tidur sejenak saja. Jadi aktifitas tidur dapat digolongkan kebarang mewah. 

    Efek dari kurang tidur ini rupanya dapat mengakibatkan seseorang merasa lemas, kelelahan, bawaan ngantuk disiang hari sehingga akan menurunkan kualitas produksi bagi para pekerja, dan membuat malas ngapa-ngapain bagi para mahasiswa dan remaja-remaja pada umumnya.

    Jadi jika sobat mengalami kesulitan tertidur saat masuk waktu tidur, sering terbangun dan sulit tertidur lagi, bangun tidur terlalu cepat, atau merasa tidak nyaman saat bangun tidur, mungkin saja sobat terkena insomnia. 

    Betapapun bahayanya insomnia namun sobat tenang saja, karena insomnia ini dapat diatasi. Yang perlu diperhatikan adalah ritme kehidupan sobat sendiri. Buatlah jadwal teratur, setengah jam sebelum memasuki jam tidur hentikan perkerjaan sobat. Kemudian ganti ritual pekerjaan yang "menenangkan" bukan "menyenangkan". Misalnya saja mendengarkan musik yang menenangkan atau membaca buku, dan hal itu bisa sobat lakukan diluar ranjang tidur. Baru setelah sobat merasa ngantuk, baru pindah keranjang tidur. Dan yang perlu dicatat bahwa sobat tidak perlu memaksakan diri untuk tidur karena hal itu hanya akan mempersulit. Atur juga konsumsin stimulan seperti rokok, kopi, teh, dan cola. Lakukan secara rutin dan rasakan perubahannya.
    Selamat mencoba:):)

    Dikutip dari beberapa sumber.

4 komentar:

  1. Unknown mengatakan...

    tukar link mbokdhe, bugar.web.id

  2. Siti Rahayu mengatakan...

    yuh cus... coment ya biar nanti blogku lebih baik lagi

  3. Unknown mengatakan...

    kurng 1 hal itu, apabila insomia usahakan bisa tdr awal karna dengan itu kt dapat tdr awal trs hari2 berikut e tapi hati2 apabila dah begadang lagi maka insomia itu akan kambuh lagi.......

  4. Siti Rahayu mengatakan...

    makasih mas upin masukkannya;) bisa nambah sempurna ini blog:)

Posting Komentar