• Generasi Harapan Bangsa


    “Masa depan suatu bangsa, ada di pundak generasi mudanya”
    Rangkaian kata-kata tersebut seolah hanya ada di angan-angan kita saja. Bila menengok kenyataan yang sebenarnya, kalimat tersebut bisa dibilang sudah basi, tidak lagi berlaku dinegara kita.
    Bicara tentang keadaan generasi muda dimasa sekarang ini semua orang sudah tahu. Mulai dari penampilan yang tak pantas, perilaku yang tak sopan sampai pergaulan bebas cenderung didominasi oleh kaum muda. Belum lagi penyakit social lain yang lebih parah lagi seperti, penyalahhgunaan NAPZA, minuman keras, sampai seks bebas rata-rata dilakukan anak usia remaja. Keadaan yang demikian ini membuat generasi penerus kita bobrok.
    Lebih dari itu, berbagai macam kemudahan yang tersedia diera modern ini justru membuat bangsa kita menjadi pemalas dan kurang tangkas dalam bekerja. Hidup tanpa perjuangan, itu hal yang biasa. Tanpa disadari bangsa ini dinina bobokan dengan segala kemewahan yang serba instan. Keadaan ini memperparah pribadi bangsa kita. Generasi mudanya bermental krupuk, lemah dan tidak tangguh. Mereka tidak tahu atau mungkin tak mau tahu kenyataan bahwa diluar sana, bangsa lain sedang berlomba-lomba menjajah Negara kita dengan berbagai macam produknya.
    Diabad 19 memang penjajahan dilakukan dengan pendudukan dan secara terang-terangan. Namun kini, bukan tidak mungkin bangsa lain menjajah Negara kita dengan berbagai macam teknologinya, dengan pendangkalan terhadap moral bangsa kita. Sebut saja internet misalnya, memang internet banyak membantu kita dalam menyelesaikan banyak pekerjaan. Tapi disisi lain hal-hal yang tak layak konsumsi juga menyebar melalui jaringan global ini. Dan tanpa seleksi bangsa kita ikut menikmatinya.
    Bangsa lain mungkin tidak lebih hebat dari bangsa kita. Tapi jika kita masih saja dengan mudah dibodohi oleh mereka, bagaimana dengan masa depan Negara kita? Sekarang memang Indonesia, sudah merdeka. Bebas dari penjajahan, diakui Negara lain. Tapi melihat makna merdeka yang sebenarnya apakah sudah pas? Saat ini justru kita berada diambang batas kehancuran. Perekonomian kita memprihatinkan, budaya kita banyak dilupakan dan buruknya lagi, pmerintah kita sering tidak bersih. Pengorbanan pahlawan kita akan menjadi sia-sia jika kita tidak mengubahnya. Oleh karena itu, sebagai generasi muda kita dituntut untuk dapat mempertahankan kemerdekaan Negara ini serta melanjutkan perjuangan pahlawan pendahulu kita. Bukan hanya duduk manis menikmati semua kemudahan yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi. Teknologi yang dihasilkan bangsa lain!

0 komentar:

Posting Komentar