• Yogyakarta

    Yogyakarta?? Siapa yang tidak mengetahui satu kata itu?
    Yah Yogyakarta merupakan salah satu propinsi yang ada di Indonesia, salah satu kota tua yang meninggalkan banyak kenangan dan penuh dengan budaya.

    Yah sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai Yogyakarta ada baiknya kita simak terlebih dahulu beberapa cuplikan mengenai asal usul Yogyakarta. Yogyakarta merupakan propinsi tertua kedua setelah Jawa Timur. Yogyakarta ini memiliki status istimewa yang merupakan warisan dari jaman sebelum kemerdekaan. Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten Paku Alaman merupakan cikal sebagai cikal bakal Yogyakarta yang memiliki status kerajaan dalam pemerintahan penjajahan mulai VOC, Hindia Perancis, Kerajaan Inggris, Hindia Belanda dan Kekaisaran Jepang. Status itu pula yang akhirnya diakui pula oleh bapak pendiri bangsa Indonesia Soekarno yang menjadi sebuah dan bukan negara.

    Tugu 
    Nah, perlu kawan-kawan ketahui Yogyakarta ini memiliki simbul yang lain dari yang lain yaitu Tugu Jogja. Tugu Jogja ini merupakan landmark Kota Yogyakarta yang paling terkenal. Monumen tua yang terletak tepat diperempatan Jalan Mangkubumi, Jalan Jend. Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro ini ternyata telah berusia hampir 3 abad. Woow... amazing bukan, betapa tuanya!!! Banyak cerita yang dapat dikuak dari tugu jogja ini yang merupakan saksi perjuangan rakyat terhadap penjajah.

    Pernah dengar dari teman ini, entah cuman isu atau semacam kepercayaan ya.. bingung juga mengartikannya. Katanya kalau kuliah di Jogja belum berfoto-foto di tugu akan lama lulusnya. Hmm... tapi itu ya mungkin ya hanya opini saja, kawan-kawan boleh percaya boleh endag. Heheheh... semua itu tergantung bagaimana usaha kita^_^

0 komentar:

Posting Komentar